Ban Balap Untuk Kendaraan Harian, Bolehkah?

Rasoolway.com – Sesuai dengan penggunaannya, ban kendaraan memiliki bentuk dan jenisnya masing-masing sesuai dengan peruntukannya. Ban yang digunakan untuk berkendara sehari-hari tentu saja berbeda dengan ban yang digunakan untuk melintasi arena balap.

Lalu, bagaimanakah jika ban yang seharusnya digunakan untuk kendaraan balap namun dipergunakan untuk kendaraan harian?

Terkait dengan hal ini, Putu Yudha selaku Direktur Pemasaran Michelin Indonesia menyampaikan bahwa ban yang dipergunakan untuk balapaan, tak memiliki kontur alur layaknya ban untuk kendaraan harian. Hal ini tentunya membuat kendaraan menjadi licin ketika mengambah medan yang basah. Jadi, ia tak menganjurkan jika ban balap dipergunakan sebagai baan untuk kendaraan harian.

“Di dunia balap, kita lihat ada ban slick. Ban slick tentu tidak bisa dipakai di jalanan, karena kalau hujan, air itu mengalirnya ke mana,” kata Putu di Jakarta, Selasa 20 Maret 2018.

“Untuk balapan, saat hujan misalnya, mobil tinggal masuk ke pit stop dan ganti ke ban basah. Kalau harian kan enggak mungkin hujan kemudian ganti ban. Jadi, memang desain ban harian berbeda dengan ban balapan,” ujarnya menambahkan.

Terkait dengan hal ini, Putu menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sedang mengadakan studi, terkait dengan pengadaan ban yang fleksibel, yakni dapat digunakan di arena balap, namun juga dapat digunakan untuk kendaraan harian.

“Industri pelan-pelan menciptakan ban yang memenuhi kebutuhan ini. Misalnya, Michelin menciptakan Pilot Sport Cup2, sebagai on road legal track tyre. Ini bisa dipakai di sirkuit, tapi pada saat keluar trek, nyaman, enggak begitu berisik juga,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *