Boleh Saja Merokok Saat Macet, Tapi…

Rasoolway.com – Sudah menjadi rahasia umum, bahwa macet menjadi salah satu hal membosankan yang sangat dibenci oleh pengendara. Terkadang, ketika macet tiba para pengendara melakukan aktifitas lain seperti contohnya merokok. Namun, sebenarnya apakah diperbolehkan pengendara merokong disaat macet?

Terkait dengan hal ini, Jusri Pulubuhu yang notabene adalah orang yang merupakan Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menyampaikan bahwa sebenarnya boleh boleh saja merokok saat macet, tapi tidak disarankan. Yang perlu di ingat adalah jangan sampai karena merokok kita jadi merugikan orang lain.

“Untuk mengusir kebosanan, boleh saja sih merokok asalkan tidak mengganggu orang lain. Dan juga jangan merokok ketika sedang berkendara ya dalam artian ketika gas masih diinjak,” paparnya.

“Karena bila terkena angin bisa saja abu rokok atau puntungnya jatuh ke baju. Karena takut ada percikan api di sana maka konsentrasinya jadi terganggu. Nah itu yang bahaya,” terus Jusri.

Namun, pria tersebut juga menyampaikan bahwa merokok sambil berkendara, terutama ketika menggunakan mobil, akan memberikan dampak negatif tersendiri bagi kendaraan anda. Hal ini dikarenakan asap rokok dapat merusak beberapa komponen interior mobil. Untuk itulah merokok tidak disarankan dilakukan di dalam mobil.

“Bisa juga kalau jenuh nyalakan audio visual yang bisa didengar atau gimana. Tapi jangan pakai gadget atau lainnya yang dapat mengganggu konsentrasi berkendara ya,” tutup Jusri.

Jadi kesimpulannya, boleh saja merokok saat macet dalam berkendara, tapi sangat tidak disarankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *