Bolehkah Pakai Oven Glove Saat Berkendara?

Rasoolway.com – Akhir ini, banyak kita lihat di jalanan para pengguna sepeda motor yang menggunakan oven glove saat berkendara. Mayoritas yang menggunakan ini adalah para lady bikers. Penggunaan alat ini adalah sebagai pengganti sarung tangan. Lalu bolehkah sebenarnya?

Sebenarnya, penggunaan oven glove adalah untuk menghindari panas, namun apakah anda tahu kalau sebenarnya penggunaan alat ini ketika berkendara sangatlah berbahaya. Saat terjadi kecelakaan, dengan kita mengenakan oven glove di tangan kita, maka kita akan sulit menghindari kecelakaa  tersebut.

“Bahaya banget, tangan kita masuk ke dalam Oven Glove, motor jatuh kita akan ikut jatuh ketarik tangan kita. karena itu kan diikat di spion kalau nggak salah sama dicantelin di stang motor, jadi kita kalau mau mengerem pun jari-jari kita nggak leluasa untuk narik tuas rem itu bahayanya,” tutur instruktur safety riding Queenriders, Citra Ayu Lestari.

Menurutnya, yang paling aman adalah menggunakan sarung tangan. Sejatinya, penggunaan oven glove biasanya digunakan oleh pengendara sepeda motor di sebuah negara yang memiliki musim dingin. Dan itu tentunya bukan di Indonesia.

“Sebenernya kalau nggak salah oven glove itu adanya di Jepang ya atau negara-negara yang ada musim dinginnya disana tuh untuk menghindari dingin, disini salah kaprah, biar nggak belang dan nggak ribet untuk lepas sarung tanga,” tutur Citra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *