Butuh Persiapan, Toyota Indonesia Belum Bisa Produksi Mobil Listrik

Rasoolway.com – Seperti yang kita tahu, bahwa industri otomotif dunia mulai mengarah ke kendaraan ramah lingkungan seperti mobil listrik. Terkait dengan hal ini, kabarnya Indonesia tak mau ketinggalan dan ingin turut mengembangkan kendaraan tersebut.

Tetapi, untuk dapat membuat kendaraan semacam itu di Indonesia, memang hal ini bukan merupakan hal yang mudah. Selain itu, beberapa hal tentunya patut untuk dipersiapkan sebelum benar-benar membuat kendaraan ramah lingkungan.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh pihak Toyota, yakni Warih Andang Tjahjono, selaku Presdir PT TAM, yang mana menurutnya sampai saat ini di Indonesia masih belum dapat dilakukan produksi kendaraan ramah lingkungan seperti hybrid dan listrik.

“Mobil listrik termasuk hibrida memang belum bisa, masih perlu persiapan,” kata Warih di Malang, Jawa Timur.

Persiapan tersebut menurutnya dilakukan secara bertahap, kabarnya ada empat langkah yang perlu ditempuh sebelum benar benar merakit mobil listrik di tanah air. Langkah pertama antara lain yakni terkait dengan edukasi masyarakat terkait dengan kendaraan listrik.

“Harus ada cara untuk mengedukasi pelanggan, bahwa kendaraan listrik itu menyenangkan. Dengan demikian, konsumen bisa merasa senang saat membeli mobil listrik, dalam artian fun to drive, gampang perawatan, perbaikan juga mudah,” kata dia.

Selanjutnya, yang kedua yakni jaringan penyedia komponen. Sepertti yang kita tahu, bahwa komponen pada mobil listrik dan mobil berbahan bakar konvensional adalah berbeda. Dan langkah ketiga ialah mengupayaan supaya waktu servis dan perawatan kendaraan listrik tak jauh berbeda dengan kendaraan konvensional.

“Terakhir itu soal aturan pemerintah. Bagaimana regulasi itu kompetitif dibandingkan dengan yang ada di negara lain. Jadi, bukan hanya sekadar kami produksi mobil listrik saja,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *