Ekspor Mobil Meningkat, Impor Mobil Juga Ikut Meningkat

Rasoolway.com – Gaikindo, selaku badan yang menaungi pabrikan otomotif di Indonesia menyampaikan bahwa saat ini, semakin banyak mobil produksi lokal yang di sukai oleh negara luar. Hal ini tentunya membuat jumlah ekspor mobil Indonesia di tahun 2017 mengalami peningkatan yang cukup pesat.

Sesuai dengan yang disampaikan oleh Jongkie D Sugiarto, Ketua I Gaikindo, yang mana di tahun 2017 lalu setidaknya ada 214.971 ribu unit mobil yang di ekspor dari Indonesia. Angka tersebut diambil dari data ekspor dari bulan Januari hingga November. Kemungkinan, jika ditambahkan dengan ekspor mobil di bulan Desember, angka ekspor tersebut dapat mencapai 250 ribu unit.

Peningkatan jumlah ekspor mobil di tahun 2017 (periode Januari-November) mencapai 20% dibandingkan dengan tahun sebelumnya dalam periode yaang sama.

Disisi lain, selain ekspor mobil yang meningkat, namun impor mobil yang dilakukan oleh Indonesia juga mengalami peningkatan. Namun memang, prosentase peningkatan impor mobil di tahun 2017 tak sebesar prosentase peningkatan ekspor. Prosentase peningkatan pada impor mobil di Indonesia sepanjang 2017 mencapai 15,3%.

“Untuk impor (CBU) Januari-November 2016 hanya 73.225 ribu, tapi 2017 jadi 84.441 ribu. Pabrikan Jepang masih menguasai 98 persen penjualan di Indonesia. Sisanya impor dari Amerika Serikat, Eropa, dan Korea Selatan, Thailand,” ujarnya di Jakarta Pusat, Kamis 18 Januari 2018.

“Ekspor 82 persen dikuasai MPV, SUV 44 persen. Negara tujuan ekspor itu Arab, Filipina, Bangladesh, Uni Emirat, Vietnam,” dia menambahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *