Fitur Keselamatan Ini Kurang Ada Fungsinya Di Indonesia

Rasoolway.com – Sebagai salah satu produsen mobil ternama di dunia, Toyota selalu berupaya mengutamakan standar keselamatan bagi para punggawanya. Berbagai fitur keselamatan diciptakan oleh Toyota global untuk mobil yang mereka keluarkan. Namun, siapa yang yang tahu tak semua dari fitur tersebut dapat di aplikasikan pada mobil yang diedarkan di Indonesia?

Tomy Hermansyah selaku product knowledge PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan bahwa kondisi jalan berpengaruh dengan cocok atau tidaknya fitur keselamatan yang akan diaplikasikan pada sebuah mobil.

“Jadi kami siapkan yang cocok untuk pasar mobil di Indonesia. Contohnya seperti fitur blind spot monitor ternyata di beberapa wilayah di Indonesia tidak cocok pakai fitur ini. Katakanlah di Jakarta, bisa-bisa monitornya menyala terus karena banyak motor sepertinya itu tidak cocok,” kata Tomy, belum lama ini.

Menurut Tomy, fitur seperti itu sebenarnya fitur seperti itu tak masalah jika harus dipasangkan pada sebuah kendaraan, namun tak ada kewajiban. Sebaiknya lebih mengutamakan fitur yang bersifat penting dulu.

“Kami pilah-pilah mana yang wajib seperti seat belt, airbag, dan lainnya. Tapi kalau misal kelasnya atau konsumennya peduli keselamatan katakanlah Camry kalau kami enggak lengkapi dengan fitur keselamatan yang mumpuni, akibatnya mereka akan pikir-pikir untuk membeli mobil. Maka untuk mobil yang kelas atas itu sudah punya beragam fitur keselamatan seperti lampu depan yang otomatis menyala ketika gelap, brake signal, dan lain sebagainya,” terang dia.

Biasanya, Banyak fitur yang terpasang akan berbanding lurus dengan harga sebuah mobil. Jadi semakin banyak fitur, dapat dipastikan harga sebuah mobil akan semakin mahal. Namun, sebagai pengendara yang baik tentunya kita diharuskan mengutamakan keselamatan diatas segalanya.

“Memposisikan mobil kalau segmennya tinggi, di situ ada konsumen yang tidak peduli harga, ya kami tambahkan fiturnya,” pungkas Tomy. (san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *