Gear Indicator Dapat Ditambahkan Pada Kendaraan Yang Sebelumnya Tak Dibekali Fitur Tersebut

 

Rasoolway.com – Tidak semua motor memiliki layanan gear indicator. Gear indicator merupakan fitur untuk menunjukan posisi gigi. Biasanya kendaraan keluaran terdahulu tidak dibekali dengan fitur ini. Padahal kehadiran fitur ini sangat membantu dan p[enting bagi pengendara.

Lalu, bisakah kendaraan yang pada mulanya tak memiliki gear indicator, kita tambahkjan fitur tersebut?

Heru Prihantoro, dari Mazped, bengkel rumahan yang fokus ngoprek sistem elektronika  motor dan mobil menyampaikan bahwa semua kendaraan dapat dipasangi gear indicator.

“Terutama di  motor yang switch netralnya model bulat, jadi bisa dipasang untuk gigi 1 dan seterusnya,” Ucapnya.

Pria tersebut mencontohkan pada kendaraan Honda CBR150R versi Thailand. Sebelumnya, kendaraan ini tidak dibekali dengan fitur tersebut. saat ini, bisa menampilkan 0(netral) hingga gigi 6.

Lalu bagaimana caranya?

“Yang dibutuhkan hanya modul gear position dan switch neutral,” terang  Heru yang beralamat di Pabuaran Tumpeng, Karawaci, Tangerang.

Modul gear position berfungsi menampilkan posisi gigi, sedangkan  switch neutral tugasnya adalah membaca  posisi di gigi berapa. Nantinya, Switch neutral akan tertera 7 titik yakni netral (0) hingga 6. Untuk cara kerjanya mudah, persis netral bawaan motor, yaitu titik tadi sebagai massa.

“Sedang arus  positif bisa ambil dari mana saja, kalau di Honda kabel hitam,” terang Heru.

Lalu untuk modulnya dapat dipasangkan pada speedometer sebagai pengganti dari lampu  netral.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *