Hati-hati, Ini Tanda Bearing Motor Rusak!

Rasoolway.com – Jika sepeda motor anda saat dikendarai bannya bergoyang, terutama saat direm, maka sebaiknya anda segera mengecek bagian roda tersebut. Bergoyangnya bagian roda bisa terjadi karena kurangnya tekanan angin (ban kempes) juga bisa karena rusaknya bearing atau laher roda.

Bearing merupakan komponen yang berfungsi untuk menjaga supaya tak terjadi gesekan antara as roda dengan rumah roda. Membiarkan atau tetap menggunakan bearing yang rusak pada kendaraan anda dapat menyebabkan pelek menjadi cepat rusak.

Kerusakan pada bearing biasanya terjadi karena pemakaian motor tersebut, Contohnya adalah ketika sering menghantam jalan yang berlubang. Menghantam jalan berlubang apalagi dengan kecepatan yang tinggi dapat menyebabkan pelor pada bearing pecah.

Mekanik bengkel Bumen Jaya Motor, Budi menjelaskan bahwa jika pengendara sudah merasakan goyang terutama sangat terasa saat melewati lubang, sebaiknya segera melakukan pengecekan dan perbaikan.

“Kalau tidak segera diganti, risikonya akan merusak rumah bearing yang ada di bagian pelek. Karena, sering terkena goyangan maka rumah bearing akan cepat aus atau terkikis,” ujarnya kepada Dapurpacu.com, Rabu (05/4).

Namun, ia juga menyarankan jika bearing yang rusak hanya sebelah, alangkah baiknya untuk melakukan pergantian sepasang. Tujuannya supaya kerja roda akan terasa lebih sempurna.

“Kalau ganti bearing sebaiknya sepasang jangan hanya sebelah, supaya lebih awet, kalau hanya sebelah ditakutkan yang sebelahnya juga sudah mulai terkikis, jadi sebaiknya ganti dua-duanya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *