Hati-hati Mobil Hilang Karena Penggelapan Tidak Akan Ditanggung Pihak Asuransi

Rasoolway.com – Seperti yang kita tahu, bahwa kita bisa melakukan klaim asuransi apabila mobil yang diasuransikan hilang karena dicuri. Namun, jika mobil tersebut hilang karena penggelapan maka pihak asuransi tak akan mau menanggungnya. Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Bangun Pambudi, selaku Manager Survey dan Garda Siaga Asuransi Astra (Garda Oto).

“Kalau pencurian itu pasti tanpa seizin yang punya. Tapi kalau penggelapan se-izin dan pasti sepengetahuan orangnya,” ujarnya.

“Mobil kita dibawa sama orang, teman misalkan atau siapa, dengan seizin kita, tapi dia nggak balik-balik lagi, itu namanya penggelapan,” tambah Bangun.

Namun, ketika mobil dibawa pergi oleh orang lain tanpa sepengetahuan dari pemilik itu merupakan suatu bentuk pencurian dan bisa ditanggung oleh pihak asuransi kendaraan.

“Itu dijamin. Karena ada perbedaan cara pindah kunci mobil lah, yang satu tanpa sepengetahuan (pencurian), yang satu izin, kita kasih STNK, BPKB kita kasih itu penggelapan nggak di-cover,” tutur Bangun.

Tetapi, jika mobil dipinjamkan, namun saat dipinjamkan lalu hilang, maka klaim asuransi  juga dapat dilakukan karena hal itu juga termasuk dalam tindak pencurian.

“Beda lagi kalau mobil dipinjam dengan seizin kita, orang yang minjam tiba-tiba bilang ke kita, mobilnya hilang, di mall misalnya. Itu pencurian, dicover,” tambah Marketing & Communication & PR Manager Garda Oto, Laurentius Iwan Pranoto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *