Hati-hati Saat Merubah Knalpot Motor

Rasoolway.com – Mengupgrade kendaraan sepeda motor yang anda miliki, bisa menggunakan beberapa cara. Salah satu yang biasa dilakukan pemilik kendaraan tersebut adalah dengan melakukan perubahan terhadap knalpotnya. Dalam mengganti knalpot, ternyata tidak boleh dilakukan sembarangan lho…, Jadi tidak semudah apa yang kita kira.

Hal tersebut dikarenakan, salah dalam melakukannya, malah justru akan berimbas fatal pada kendaraan anda. Niatnya mau upgrade malah jadinya nanti downgrade dong. Wahyono, dari Abenk Exhaust Racing menjelaskan, bahwa dalam melakukan pergantian knalpot harus memperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah knalpot pengganti harus memiliki diameter piston yang sama dengan yang asli.

“Untuk mesin standar, knalpotnya harus disesuaikan dengan ukuran lehernya, jangan gunakan knalpot yang pipa lehernya besar, jika tidak sesuai justru akan memengaruhi performa motor,” ujar pria yang akrab disapa Gondrong itu.

Tak hanya itu, hal lainnya yang harus diperhatikan juga adalah model lekukan pipa knalpot. Menurut pria itu, lekukan pada knalpot yang digunakan juga sebaiknya tetap mengikuti model lekukan standard knalpot pabrikannyaa.

“Untuk lekukan ikutin model standarnya, karena kalau dibuat beda, arus buangnya akan terhambat dan bisa jadi malah tidak ada tenaganya,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *