Honda Brio Terbakar Karena Di Modifikasi?

Rasoolway.com – Peristiwa terbakarnya satu unit Honda Brio yang sedang diparkirkan di kediaman Doddy Matin Zufadhli akhir-akhir ini cukup menyedot perhatian masyarakat, terutama para pecinta otomotif. Berdasarkan informasi dari pemilik kendaraan tersebut, tak ada yang aneh saat dirinya sedang mengendarai kendaraan tersebut akhir-akhir ini.

“Mobil juga tidak kami modifikasi, jadi kelistrikan aman semua, kemarin-kemarin juga tidak ada masalah kok,” kata Doddy

Namun, tanggapan dari Service Manager Honda Megatama Kalimalang, Arif Dedy memberikan tanggapan yang berbeda dengan pemilik kendaraan tersebut. Menurutnya, kendaraan yang terbakar tersebut telah dilakukan modifikasi sampai pada bagian kelistrikannya. Nah loh, kok beda ya… kalo gini mana yang bener ya?

“Saya rasa sih mobil ini (Honda Brio milik Doddy) sudah banyak dilakukan modifikasi. Kita lihat saja pada bagian pelek mobil yang sudah tidak standar,” ujar Arif

“Biasanya, orang tuh tidak cuma modifikasi satu bagian saja. Jadi mungkin sudah banyak hal yang ditambah di mobil itu seperti aksesori-aksesori yang kita tidak tahu seperti apa dan berhubungan langsung pada kelistrikan mobil,” tambahnya.

Pria tersebut sebenarnya tidak mempermasalahkan kegiatan modifikasi yang biasanya dilakukan untuk memperkeren kendaraan tersebut. Namun, akan fatal jadinya, jika modifikasi tersebut dilakukan oleh orang yang tidak kompeten.

“Sebenarnya nggak apa-apa sih modifikasi asalkan jangan dilakukan berlebihan dan ditangani oleh ahlinya. Jadi saya rasa saat pemasangan kabel, ada salah satu kabel yang kurang solid saat dipasang sehingga mengakibatkan shoot,” ungkap Arif.

Pria tersebut juga menambahkan, bahwa kejadian mobil terbakar sangat kecil kemungkinannya jika kendaraan tersebut masih sama dengan versi keluaran pabrik.

“Bila semuanya standar, kelistrikan dan peforma semua mobil pasti aman kok. Sedikit sekali, malah saya dapat katakan tidak pernah ada kejadian seperti ini sebelumnya pada mobil standar. Jadi pendapat saya, pasti ada bagian kelistrikan yang sudah dimodifikasi entah itu audio, lampu, klakson, dan lainnya. Untuk kasus ini, saya tidak dapat berikan kesimpulan karena ini sudah ranahnya APM (agen pemegang merek) Honda. Mereka juga sedang lakukan investigasi terkait peristiwa ini, ditunggu saja,” kata Arif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *