Ini Patokan Yang Sebaiknya Dipakai Untuk Pergantian Oli

Rasoolway.com – Patokan pergantian oli para pengguna mobil khususnya di Indonesia biasanya kebanyakan dengan melihat jarak kilometer yang ditempuh mobil tersebut. Padahal, hal tersebut disalahkan oleh hadi yang merupakan pemilik salah satu bengkel di Indonesia.

“Sebenarnya ganti oil yang benar itu adalah sesuai dengan putaran mesin, terkadang di perkotaan jarak tempuh mobil 10 km bisa 1 jam lebih, tetapi di total putaran mesinnya bisa lebih dari 10 km,” paparnya saat ditemui di Pamulang, Sabtu (01/10).

Sebagai perumpamaan, adalah ketika kita menempuh perjalanan 10 km dan mobil terkena macet. Pada saat macet, meski jarak tidak berubah, namun mesin mobil tersebut masih tetap berputar.

“Hal ini yang terkadang memengaruhi kualitas oil, makanya yang paling benar adalah menganti oil sesuai dengan ukuran waktu, misalnya 1 bulan sekali atau dua bulan sekali bergantung pemakaian,” kata Hadi.

Alasannya, supaya tidak menunggu oli tersebut jenuh. karena  oli yang usang aakan mempengaruhi terhadap kinerja kendaraan anda. istilahnya, daripada kita harus mengganti jeroan mesin, lebih baik secara rutin mengganti oli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *