Inilah Dampak Yang Dapat Ditimbulkan Ketika Ban Kendaraan Kurang Angin

Rasoolway.com – Menjadi bagian kendaraan yang melakukan kontak langsung dengaan jalanan, membuat ban menjadi bagian yang cukup krusial. Namun, terkadang orang kerap mengabaikan suatu hal yang kecil, namun memiliki dampak besar pada ban, contohnya adalah mengabaikan ban yang kurang angin.

Terkait dengan hal ini, sebenarnya seberapa dampak ban yang kurang angin ketika dipaaksa untuk diguinakan?

Sebagai informasi, berikut dampak yang akan terjadi ketika ban yang kurang angin tetap digunakan!

1. Ban mudah rusak

Kerusakan pada pan kemungkinannya lebih besar terjadi pada baan yang kempes atau kurang angin. Hal ini terjadi karena hampir semua telapak ban melakukan gesekan dengan aspal, dan membuat ban menjadi cepat panas. Kemungkinan terburuk yang dapat terjadi akibat hal tersebut adalah kendaraan mengalami pecah ban.

2. Akan perpendek usia ban.

Sering menggunakan ban yang kurang angin, ternyata dapat mebuat usia ban tersebut menjadi pendek. Bahkan, menurut berbagai informasi, masa usia ban akan memendek sebanyak 25% ketika ban sering ddigunakan dalam kondisi kurang angin.

3. Fungsi pengereman terganggu

Ketika ban mobil tidak terisi angin secara penuh, maka jarak pengereman semakin jauh. Hal ini terjadi, ban yang kurang angin akan membuat permukaan ban yang menempel pada roda berkurang. Hal ini tentunya akan membuatmobil lebih sulit di kendalikan.

4. Lebih boros bahan baakar

Saat ban mengalami kurang angin, maka tenaga yang dikeluarkan kendaraan untuk memutar ban tersebut menjadi semakin besar. Hal ini tentunya membuat konsumsi bahan bakar pada kendaraan smenjadi semakin boros.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *