Inilah Hal Yang Dapat Membuat Oli Rusak

Rasoolway.com – Pada dasarnya, oli tidak memiliki masa kadaluarsa. Namun, meski begitu, oli bisa saja mengalami kerusakan. Tentunya, kerusakan terhadap oli dapat dikarenakan beberapa hal.

Hal itu juga yang disampaikan oleh Ari Sutanto, selaku Plant Director MPM Lubricants, yang menyebutkan bahwa kerusakan terhadap oli disebabkan oleh tiga hal, yang pertama adalah karena oli tersebut telah melakukan kontak dengan udara.

“Sejauh shield-nya rapat dan tidak masuk vakum, karena udara kita lembab, sehingga mengandung air. Kalau sudah terbuka otomatis dia meng-absorb udara, nah itu yang buat rusak,” ujarnya kepada wartawan, di Cilegon, Banten.

Hal lain yang dapat merusak oli terjadi pada saat produksi oli tersebut, tepatnya pada proses pencampuran. Apa bila pada saat pencampuran tersebut tidak benar dalam penanganannya, maka oli akan mudah rusak.

“Tergantung saat blending-nya itu bagus atau tidak. Kalau sudah bagus dia tidak ada terjadi endapan, tetap stabil,” tutur Ari.

Dan yang terakhir menurutnya adalah oli yang sudah pernah digunakan atau oli bekas. Oli bekas pakai biasanyaa keefektifannya turun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *