Jangan Pakai Pelumas Euro 2 Untuk Kendaraan Bermesin Euro 4!

Rasoolway.com – Seperti yang kita tahu, bahwa pemerintah Indonesia akan melakukan upgrade standar emisi, yakni yang sebelumnya Euro 2, menjadi Euro 4. Terkait dengan hal ini, Pertamina Lubricant kaabarnya akan menghadirkaan pelumas yang dikhususkan untuk standar baru tersebut.

Pasalnya, kabarnya jika mesin yang sudah memakai standar Euro 4, jika di beri pelumas yang menggunakan standar Euro 2, akan memberikan pengaruh buruk pada mesin kendaraan tersebut. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Arie Anggoro, selaku VP Sales & Marketing Domestic Retail Automotive PT Pertamina Lubricants.

“Banyak yang berbeda dari Euro 2 ke Euro 4. Mungkin nggak terlalu ada masalah. Ibarat pakai sabun biasa (Euro 2) terus ganti pakai sabun luluran (Euro 4) nggak apa-apa, tapi boros. Tapi biasa pakai sabun lulur terus beralih ke sabun biasa akan kurang cocok,” ujarnya.

Maksudnya, jika mesin yang harusnya menggunakan oli dengan standar Euro 4, namun justru diberikan pelumas dengan standar euro 2, maka menurutnya mesin justru akan mengalami kerusakan.

“Mesin kecil compact 1.500 cc tapi turbo itu SAE 0W-20, 5W-30, itu kalau tidak pakai SN plus, dia bisa rusak engine. Jadi teknologi engine berkembang terus kita juga terus kembangkan (pelumasnya) dengan porsi yang lebih besar, tenaga lebih besar, kinerja pelumas lebih berat,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *