Jangan Sampai Menggunakan Teknik Pengereman yang Salah Saat berkendara Sepeda Motor Matic

Rasoolway.com – Banyak yang belum tahu ternyata, melakukan pengereman juga ada tekniknya lhoo… Jadi selama ini banyak yang salah dalam melakukan pengereman terhadap sepeda motor khususnya matic. Seperti yang dikatakan oleh Pelatih Safety Riding & Safety Driving Ditlantas Polda Metro Jaya, Aiptu Bambang Margono yang mengatakan bahwa posisi jari harus di perhatikan saat mengerem.

“Rem belakang pakai dua jari, jari telunjuk dan jari tengah. Kalau pakai empat jari terlalu kuat tenaganya, malah membahayakan,” ujarnya di Jakarta.

Lain rem belakang, lain pula rem depan yang mengharuskan menggunakan empat jari. namun perlu diperhatikan, bahwa tenaga disalurkan melalui jari manis dan jari kelingking.

“Supaya smooth dia berhentinya, kenapa harus pakai empat jari? Kalau dua jari saja, otomatis dua jari tertinggal (di tuas gas), pas pengereman, dua jari yang tertinggal itu menarik gas, jadi percuma, ngerem tapi gas tetap ketarik juga,” lanjutnya.

Lalu, bagaimanakah teknik pengeremnan untuk sepeda motor yang bukan matic?

“Pada saat (menarik) kopling, (tuas) rem bawah, dilakukan bersamaan, bareng. Sisanya itu kaki kiri ngurangin gigi, tidak boleh engine break,” kata Bambang.

Sebenarnya, bukanlah hal yang sulit untuk mempelajari hal tersebut, mungkin hanya perlu membiasakan saja.

“Asal dipelajarinya sungguh-sungguh. Kalau sudah terbiasa pasti bisa,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *