Jangan Sembarangan Pilih Oli Untuk Kendaraan Dengan Standar Euro 4

Rasoolway.com – Tak lama lagi, standar emisi Euro 4 akan diterapkan di Indonesia. Salah satu alasan akan di terapkannya standar emisi tersebut dikarenakan untuk menekan banyaknyaa gas buang yang dikeluarkan sebuah kendaraan.

Namun, dengan diterapkannya standar emisi terbaru ini, tentunya memberikan dampak terhadap komponen pendukungnya seperti halnya pelumas. Terkait dengan hal ini, Totok Subagyo, selaku Brand SEO Manager Sales and Marketing Domestic Retail Automotive PT Pertamina Lubricants yang menyampaikan bahwa mesin dengan standar euro 4, harus menggunakan pelumas khusus.

“Mesin-mesin yang sekarang modelnya kecil, butuh tenaga gede, pakai sistem turbocharger. Sisa oli di piston kalau menggunakan oli biasa, sisa pembakarannya relatif cukup banyak. Sehingga, mengganggu sistem pembakaran, akhirnya menimbulkan knocking (ngelitik),” ujarnya di Jakarta, Minggu 3 Juni 2018.

“Kalau dulu knocking karena oktan BBM. Tapi dengan turbocharger ini, ternyata yang menimbulkan knocking itu spesifikasi pelumas,” tuturnya menambahkan.

Dengan alasan ini pula yang akhirnya membuat pihak Pertamina Lubricant sebagai perusahaan oli terbesar di Indonesia untuk menghadirkan pelumas khusus kendaraan berstandar emisi euro 4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *