Kapan Motor Yang Jarang Dipakai Harus Diganti Oli?

Rasoolway.com – Jika anda memiliki sebuah kendaraan sepeda motor, namun jarang digunakan karena mungkin lebih sering menggunakan mobil ataupun karena sesuatu yang lain, lalu kapankah waktu yang tepat untuk melakukan pergantian terhadap pelumas?

Training Service 2W, Suzuki Indomobil Sales (SIS), Dadan Daniel memberitahukan bahwa segala hal yang berkaitan dengan servi, salah satunya adalah jadwal pergantian oli telah terperinci dalam buku panduan servis.

“Selalu mengacu ke buku servis, mana yang dicapai terlebih dahulu, baik itu kilometer (km) atau bulan,” katanya. “Kalau sudah capai Km-nya langsung ganti, tapi jika tidak hitungannya waktu,” katanya.

Intinya, meski jarang digunakan, jika sudah waktunya pergantian oli, maka oli disarankan untuk mengalami pergantian.  Service Departemen-Aftersales Division Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yakni Ridwan Arifin, turut menambahkan tentang waktu pergantian oli.

“Baiknya pakai patokan per 3.000 Km dan jika tidak dipakai baiknya tetap melakukan pemanasan (warm up) mesin tujuannya untuk sirkulasi pelumasan,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *