Kendaraan Bermesin Diesel Terisi Bensin? Lakukan Hal Ini Segera!

Rasoolway.com – Seperti yang kita tahu, bahwa kendaraan bermesin diesel dan kendaraan bermesin bensin memiliki bahan bakar yang tidak sama. Untuk mesin diesel, bahan bakar yang digunakan adalah solar. Sedangkan untuk mesin bensin, harus di isi dengan bahan bakar bensin.

Namun, bagaimana jika kita salah melakukan pengisian? contohnya kendaraan yang seharusnya di isi dengan solar seara tidak sengaja terisi oleh bensin. Disampaikan oleh Sparepart Department Head Astra Isuzu, Hedi Santoso kekeliruan dalam mengisi bahan bakar dapat berakibat fatal dan kerusakan pada kendaraan.

“Ketika isi fuel atau sesaat setelah salah isi bensinnya, jangan dinyalakan, bahaya. Karena akan merusak mesin mobil,” ujar Heri kepada wartawan di Jakarta.

“Setelah itu langsung dikuras tangkinya,” tambahnya lagi.

Pengurasan ini juga tidak boleh terlalu lama. Alasannya, jika terlalu lama, bahan bakaar tersebut akan terlanjur menempel. Dan jika hal tersebut terjadi, tentunya tangki menjadi sukar untuk dibersihkan.

“Bila setelah salah dimasukkan bahan bakar lalu sempat di starter atau dinyalakan mobilnya, otomatis injeksi akan rusak. Lalu itu akan merembet ke mesinnya,” ujar Heri.

“Karena injection butuh pelumasan kan sedangkan sifatnya solar itu tidak hanya untuk pembakaran saja tapi juga sebagai pelumas atau lubricants. Jadi tak bisa diisi bensin yang hanya berfungsi untuk pembakaran saja,” tambahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *