Kendaraan Terobos Banjir, Awas Klakson Rusak!!!

Beberapa tempat di Indonesia akan mengalami banjir jika terguyur hujan lebat. Sebut saja Jakarta, kota yang tak pernah absen terkena banjir jika sedang musim hujan.

Saat harus menerobos banjir, banyak orang hanya berpikir kendaraannya akan mogok. Namun, siapa tahu sebenarnya dampak dari menerjang banjir lebih dari itu.

Resiko lainnya ketika kita menerjang banjir antara lain adalah dapat merusak klakson. Klakson yang merupakan alat pembunyi peringatan pada sebuah kendaraan dapat ‘error’ jika terkena air. Hal ini seperti yang diucapkan Andy See selaku Head of Sales Hella Asia Singapore

“Memang musuh terbesar klakson itu air. Kalau air sudah masuk ke dalam perangkat klakson akan sulit diperbaiki. Cenderung diganti dengan baru,” ucapnya.

Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya kita ambil aman dengan menghindari jalur yang tergenang oleh air. Namun jika tak ada jalur lain, usahakan klakson pada posisi yang aman.

“Lebih baik menghindari, memang komponen ini jarang diperhatikan pengendara. Tapi kalau sudah rusak, akan merepotkan. Mengingat fungsinya sangat penting untuk menghindari insiden yang tak diinginkan,” jelas Andy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *