Keunikan Pasar Otomotif Indonesia menurut Datsun

Rasoolway.com – Jika di beberapa negara mayoritas masyarakatnya sangat meminati mobil dengan jenis SUV, namun tidak begitu di Indonesia. Di Indonesia nendiri, kendaraan roda empat paling laris merupakan segmen mobil keluarga atau istilah kerennya MPV. Hal itulah yang membuat Jose Roman selaku Global Head of Datsun menganggap Indonesia merupakan negeri yang unik.

“Bagi Datsun saya pikir market yang unik adalah Indonesia. Karena mobil tujuh penumpangnya. Di negara lain Anda bisa melihat banyak pikap, SUV, di sini MPV sangat dominan. Anda tidak melihat di pasar negara lain begitu banyak MPV seperti di sini,” kata Roman kepada wartawan di kawasan Sudirman, Jakarta.

“Memang ada SUV di sini, tapi saya tidak melihat sebanyak MPV. Saya pikir ini yang berbeda di Indonesia,” sebutnya.

Pria tersebut mengakui, bahwa kendaraan MPV di Indonesia memang tak selalu digunakan secara penuh, namun sebagian besar orang menggunakan kendaraan tersebut untuk bepergian bersama keluarga entah itu liburan atau hanya sekedar mengunjungi sanak sau dara yang lain.

“Mungkin keluarga Anda empat-lima orang, tapi Anda bisa menggunakan MPV untuk berkunjung ke kerabat, ke rumah nenek atau apa pun, jadi pertimbangan fleksibilitas untuk mengangkut penumpang lebih banyak itu penting. Di negara lain memang ada MPV, tapi tidak sebanyak. Mungkin hanya 5-10 persen dari total market. Sementara di Indonesia begitu banyak,” katanya.

Pria tersebut juga menyampaikan bahwa saat ini, Indonesia merupakan pasar yang cukup potensial untuk menjual produknya setelah India. Datsun sendiri telah memasarkan produknya di Indonesia, India, Rusia dan Afrika Selatan.

“Pasar yang potensial ada dua bagi kami. Pertama India yang merupakan negara yang besar dengan jumlah penduduk 1,4 miliar. Yang kedua pastinya adalah Indonesia dengan 260 juta penduduk. Jadi saya pikir Indonesia menjadi potensi bagi pertumbuhan Datsun di masa depan,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *