Kombinasikan Asuransi Mobil TLO dan Komprehensif Justru Akan Merugikan?

Rasoolway.com – Seperti yang kita tahu, bahwa di Indonesia ada dua jenis asuransi kendaraan, yakni asuransi komprehensif, dan Total Loss Only (TLO). Karena kurangnya pengetahuan, sebagian orang terkadang mencoba menggabungkan dua asuransi tersebut. Tetapi tahukah mereka bahwa sebenarnya, menggabungkan kedua asuransi justru terkadang akan dapat merugikan konsumen itu sendiri?

Kerugian itu terjadi pada saat konsumen lupa mengajukan klaim padahal jenis asuransi pada periode selanjutnya sudah tidak sama dengan jenis asuransi pada periode pertama. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Bangun Pambudi, selaku Manager Survey dan Garda Siaga Asuransi Astra (Garda Oto).

“Tahun pertama sudah pernah diterima klaimnya, tahun ke dua kena lagi (klaim lagi) tapi ditolak, nggak ngeh,” ujarnya

Laurentius Iwan Pranoto, selaku Marketing & Communication & PR Manager Garda Oto juga menambahkan bahwa asuransi gabungan tersebut biasanya dilakukan oleh orang yang memilih untuk membeli mobil dengan cara kredit.

“Beli (mobilnya) kredit, dia waktu pertama kali beli kan milihnya yang DP (down payment)-nya murah, cicilan ringan. Biasanya asuransinya kombinasi, tahun pertama itu komprehensif, tahun berikutnya TLO,” tambahnya.

Nantinya, sebagian orang baru akan menyadari hal ini pada saat dirinya telah melakukan klaim asuransi saat periode kedua atau berikutnya.

“Sering kali kejadian di tahun ke dua atau tiga, dia mengklaim, tapi kita tolak karena TLO di tahun ke duanya, tahun pertama komprehensif. Tahun pertama masih bisa kedua nggak bisa karena sudah masuk periode ke dua, orang sering miss di situ,” lanjut Iwan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *