Kualitas Oli Selalu Mengikuti Kemajuan Teknologi

Rasoolway.com – Ternyata, perkembangan teknologi dalam dunia otomotif memberikan pengaruh pada pelumas. Contohnya saja, saat ini karena rapatnya komponen pada mesin sehingga menuntut oli dibuat semakin cair. Bukan hanya kekentalan, namun kandungan dari pelumas itu sendiri kini harus menyesuaikan dengan kebutuhan pada mesin.

Sebagai contoh adalah seperti yang dilakukan di Eropa, yakni  Oli yang digunakan pada mesin disel yang menyertakan perangak yang digunakan untuk mereduksi gas buang.

“Biasanya oli khusus untuk mesin Diesel di Eropa kandungannya tidak akan ‘meracuni’ perangkat khusus pereduksi emisi,” terang Shofwatuzzaki, B2C Lubricants Technical Manager PT Shell Indonesia di Jakarta, Selasa (10/5) kemarin.

Pria tersebut juga menjelaskan bahwa saat ini perusahaan oli sangat gencar mengadaptasi produk pelumas mereka dengan perkembangan teknologi. Menurutnya, jika diurut, teknologi terlebih dahulu, baru oli akan mengikuti.

“Pertama sebetulnya bahan bakarnya dulu siapkan. Baru kemudian teknologi mesinnya, pelumas akan mengikuti,” sambung Zaki.

Kualitas oli dengan adanya pengaruh dari pemerintah juga akan semakin baik.

“Pakai pelumas yang bagus artinya mesin bekerja optimal. Pembakarannya lebih bagus, otomatis gas buangnya juga minimal,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *