Lewati Banjir, Oli Tercampur Air Atau Tidak? Bengini Mengeceknya!

Rasoolway.com – Menerjang genangan air saat banjir, ternyata banyak menimbulkan resiko. Salah satunya adalah kondisi oli yang tercampur dengan air. Dikatakan oleh Eko Eddy Saputro, selaku ‚ÄéKepala Bengkel Honda Astra Motor Jakarta. Bahwa jika menerjang banjir berpeluang membuat oli tercampur dengan air.

Lalu, apa dampak oli yang tercampur dengan air? apakah berbahaya? Menurut pria tersebut, apabila oli tercampur dengan air, maka akan mempengaruhi tenaga dari kendaraan itu sendiri. Apalagi, jika air yang masuk kedalam mesin dalam jumlah banyak, hal tersebut dapat mengakibatkan kendaraan menjadi mogok.

“Makanya, jika memang motor terendam banjir, dan ingin mengetahui masuk air atau tidak bisa dicek dengan lihat stick olinya. Lihat warnanya, kalau bercampur air pasti seperti putih susu,” ungkap Eko saat ditemui Liputan6.com, di bengkel Honda Astra Jakarta, Cawang, Jakarta, Selasa, (21/2/2017).

Salah satu cara mengetahui oli apakah tercampur dengan air atau tidak adalah dengan melihat warnanya, serta kekentalannya. Karena dinilai cukup mudah, ia menghimbau supaya pengendara sepeda motor dapat melakukannya sendiri. Dan jika kedapatan oli mesin anda tercampur dengan air, tugas anda selanjutnya adalah mengurasnya.

“Ganti oli sendiri tentunya bisa dilakukan. Tapi kalau memang motor menjadi bermasalah solusinya bawa ke bengkel. Oleh karena itu jangan nekat lewati banjir,” ujar Eko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *