Manakah Yang Paling Sering Harus Ganti Oli, Motor Matik Atau Non Matik?

Rasoolway.com – Karena alasan yang lebih mudah dikendarai serta simpel dan praktis, kini pasar kendaraan sepeda motor di Indonesia lebih dikuasai oleh kendaraan berjenis matik.

Dalam segi perawatan, menurut beberapa pihak kendaraan sepeda motor matik lebih gampang serta awet dari pada kendaraan sepeda motor dengan jenis yang lain.

Hal ini juga didukung oleh pernyataan dari Herry Hambali yang merupakan Sales & Marketing Director Federal Oil. Ia mengatakan kalau motor yang memiliki jenis bukan matik, diharuskan lebih sering melakukan perawatan. Salah satunya adalah dalam hal pergantian oli.

“Non-matik itu pada dasarnya dipakai untuk jarak jauh. Karena itulah kami melihat jarak tempuh non-matik yang lebih jauh, sehingga frekuensi mereka untuk ganti oli lebih sering,” ucap Herry saat ditemui di Denpasar, Bali, Rabu (15/3/2017).

Motor yang bukan matik kebanyakan akan lebih cepat panas dibandingkan yang berjenis matik, Namun, kekurangan dari motor matik adalah sebenarnya motor tersebut di desain hanya untuk perjalanan yang tak terlalu jauh bahkan cenderung perjalanan yang dekat.

“Tapi semua tergantung pemakaian juga. Karena kadang motor harus ganti oli walau odometernya masih pendek. Dan yang harus kita edukasi saat ini, macet pun mesin tetap menyala,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *