Manfaat Kopi Bagi Para Bikers

Rasoolway.com – Di Indonesia, tidak dapat dipungkiri bahwa kopi menjadi salah satu minuman yang banyak digemari. Namun, benarkah kopi juga baik untuk anda yang merupakan seorang pengendara sepeda motor?

Disampaikan oleh Hardinsyah, selaku Pakar gizi dari IPB menyampaikan bahwa kopi akan memberikan manfaat tersendiri bagi para pengendara sepeda motor. Salah satu manfaat yang paling ketara adalah kopi mampu mencegah ngantuk saat berendara.

“Salah satu manfaat kopi adalah memicu aliran dan tekanan darah, menghangatkan tubuh serta menunda rasa ngantuk. Karena itu, baik bagi orang yang hipertensi (penyakit darah tinggi),” kata Hardinsyah

Meski demikian, menurutnya bukan berarti pengendara harus mengonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak. Meminum kopi dalam jumlah besar tiap harinya justru akan memicu tumbuhnya penyakit dalam tubuh.

“Enggak baik kalau monoton kopi saja. Apalagi bila menderita maag. Bisa tambah parah, nanti bawa kendaraannya enggak konsentrasi,” ujarnya.

“Bila tubuh sensitif kopi, yaitu meningkatkan detak jantung dan tekanan darah tidak normal, sebaiknya hindari,” tuturnya.

Pria tersebut juga menganjurkaan bahwa konsumsi kopi maksimal dalam sehari adalah dua cangkir.

“Pilih jenis kopi yang sesuai atau cocok di perut. Batasi penggunaan tambahan gula pada kopi. Bila suka kopi pahit, lebih baik,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *