Membonceng Sepeda Motor Dengan Posisi Duduk Menyamping Apakah Aman?

Rasoolway.com – Bagi anda seorang wanita, mungkin pernah atau bahkan sering membonceng kendaraan sepeda motor dengan posisi miring. Sebenarnya, apakah aman jika membonceg sepeda motor dengan posisi duduk seperti itu? Jika anda memang kerap seperti itu, sebaiknya kebiasaan tersebut harus dihentikan karena ternyata cukup berbahaya.

Hal tersebut seperti yang dikatakan secara langsung oleh  Jusri Pulubuhu, sebagai Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC). Ia mengatakan, bahwa posisi duduk yang benar saat membonceng adalah menghadap kedepan.

“Duduk samping saja tidak benar, semua harus menghadap ke depan (saat menjadi penumpang sepeda motor-Red). Dan duduk bawa anak kecil berdiri itu salah, kalau memang harus dibawa mereka harus duduk. Agar bisa lebih mencengkram, kalau berdiri saat menghindari lubang bisa terpeleset,” kata Jusri.

Lalu, bisakah hal tersebut disanggah dengan alasan terpaksa? nyatanya tak ada kompromi yang diberikan oleh Jusri. Ia tetap mengatakan bahwa membonceng dengan posisi miring sangat berbahaya.

“Kembalikan, kalau kecelakaan bagaimana? Intinya dari kaidah keselamatan dan hukum, perilaku tersebut dianggap pelanggaran,” katanya.

“Fakta menyimpulkan penyebab kecelakaan adalah pelanggaran. Sebagai informasi safety is no exemption atau no compromise. Pelanggaran dan kecelakaan umumnya diawali dari tanda-tanda kompromi,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *