Mengapa Pemerintah Harus Meringankan Pajak Pada Mobil Ramah Lingkungan?

Rasoolway.com – Mobil ramah lingkungan, atau yang tergolong dalam Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) saat ini memang sedang difokuskan oleh pemerintah. Namun tentunya untuk kendaraan dengan jenis ini, perlakuan khusus perlu diberlakukan.

Sebagai contoh dari perlakuan khusus tersebut adalah seperti yang disampaikan oleh Jongkie D. Sugiarto, Ketua I Gaikindo, yang mana ia menyampaikan bahwa untuk mobil ramah lingkungan di Indonesia harus diberikan keringanan pajak. Salah satu alasan mengapa mobil ramah lingkungan harus diberikan keringanan pajak adalah karena penggunaan bahan bakar yang cukup efisien.

“Karena kan dia akan memakai bahan bakar yang sangat irit, sedangkan bahan bakar ini kan ada yang masih disubsidi, nah di satu sisi itu subsidi akan berkurang karena irit bahan bakar,” ujarnya kepada wartawan, di Jakarta.

Bukan hanya itu, dengan berkurangnya pajak yang dibebankan kepada kendaraan tersebut, maka nantinya harga yang dibandrolkan dari kendaraan tersebut juga semakin murah dan tentunya akan menumbuhkan keinginan masyarakat untuk bisa menggarasikan kendaraan tersebut.

“Supaya mobil ini bisa dikembangkan dan tumbuh, lalu misalnya dengan ada tarif yang baik (rendah), bisa banyak pembelinya juga, bisa mobil ini diindustrikan di Indonesia,” tutur Jongkie.

Namun, yang paling penting menurutnya adalah regulasi yang jelas dari pemerintah terkait mobil ramah lingkungan.

“Kalau peraturannya dibuat sedemikain rupa nantinya tidak jalan itu nggak ada gunanya, kita mau peraturan ini realistis sehingga nantinya dapat dipakai oleh para pengusaha atau industri LCEV dalam negeri,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *