Merokok Dalam Mobil Tidak merusak AC, Tapi….

Rasoolway.com – Terkadang, bagi yang kesehariannya tidak terlepas dengan aapa yang disebut dengan ‘rokok’, mereka juga akan merokok ketika sedang berkendara. Namun, ada kabar jika merokok di dalam mobil katanya dapat berpeluang membuat AC menjadi cepat rusak. Lalu benarkah hal tersebut?

Steven Lie, selaku pemilik bengkel Auto Rotary AC Mobil menyampaikan bahwa ternyata hal tersebut takteruji kebenarannya. Menurutnya, merokok dalam mobil tidak akan merusak AC, namun, memang ada dampak dari asap mobil ke AC, yakni membuat AC menjadi bau dan lekas kotor.

“Karena itu saat merokok kaca mobil umumnya harus dibuka. Sehingga debu dari luar masuk ke dalam kabin dan terhisap oleh blower dan diembuskan ke evaporator,” kata Steven.

Oleh karena itu, drinya menyarankan bagi siapapun yang akan merokok ketika berkendara dengan mobil, maka aalangkah baiknya jangan menghidupkan AC. Hal ini dikarenakan evaporator AC dapat menghisap asap rokok.

“Sehingga evaporator menjadi bau. Bau rokok juga bisa menempel pada jok dan dasbor, itu kenapa ada larangan juga merokok di ruangan AC,” ujarnya.

Jika ini sudah terjadi, mau tidak mau evaporator harus dilakukan servis. Ia juga menyampaikan bahwa biaya servis dari bagian ini bermacam-macam, disesuaikan dengan mobil yang digunakan.

“Harga tergantung mobil, cara buka dasbor masing-masing mobil beda tingkat kesulitannya. Jasa bongkar pasang dasbor dan servis evaporator, blower dan condenser dari Rp575 ribu sampai Rp975 ribu untuk mobil asal Jepang, mobil Eropa Rp1,1 juta sampai Rp2,7 juta,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *