Meski Secara Penjualan Alami Peningkatan, Suzuki Belum Ada Niatan Untuk Perbesaran Pabrik

Rasoolway.com – Berdasarkan sebuah data, saat ini pabrikan mobil asal Jepang, yakni Suzuki telah berhasil meraup pasar kendaraan roda empat di Indonesia sebesar 10%. Dengan kenyataan ini, artinya penjualan mobil merek Suzuki di Indonesia alami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dari semua mobil dari Suzuki, kabarnya produk yang menjadi pendongkrak penjualan dari Suzuki antara lain adalah Suzuki Ertiga dan Suzuki Ignis. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Ryohei Uchiki, selaku General Manager Strategic Planning Department PT Suzuki Indomobil Motor.

“Tahun ini masih paling besar kontribusinya dari Ertiga, lalu pikap. Disusul juga dengan Ignis yang baru kita rilis pertengahan tahun kemarin serta Baleno. Itu masih berkontribusi loh (Baleno),” katanya kepada detikOto.

Anehnya, meski melihat angka penjualan yang makin meningkat, namun pihak Suzuki kabarnya saat ini masih belum ada niatan untu perbesar pabriknya. Padahal, di tahun 2018 nnti banyak diprediksi bahwa pasar otomotif di Indonesia makin sengit.

Memang, meski di Indonesia alami peningkatan, produk Suzuki di Indonesia memang tidak selaris di India. Dengan kata lain, di India Suzuki berhasil meraih pasar yang jauh lebih besar dari Indonesia.

“Saran yang bagus namun perlu saya katakan bahwa di tahun depan kita belum berencana akan bangun pabrik baru. Tetapi memang, pabrik kami yang di Cikarang masih ada lahan yang belum terpakai. Cukup luas,” ujar Uchiki.

“Untuk itu (memanfaatkan lahan tersebut), tergantung dengan market Indonesia. Bila baik, kita akan investasi untuk manfaatkan lahan tersebut (dibandingkan dengan India, pasar Indonesia terhadap Suzuki masih dinilai lesu). Ditunggu saja ya,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *