Mobil Anda Terjang Banjir, Lakukan Hal Ini!!!

Rasoolway.com – Curah hujan yang tinggi saat ini memang sangat susah untuk di prediksi. Dikota-kota besar seperti Jakarta, banjir bukanlah hal yang asing. Setiap tahun, warga Jakarta merasakan apa yang disebut dengan banjir.

Bagi pengendara mobil yang terpaksa menerobos banjir, kali ini kami akan memberikan tips menjaga kendaraan khususnya mobil supaya tetap awet jika telah berhasil menerobos banjir.

Beginilah tipsnya:

1. Injak-injak kopling
Bagi mobil khususnya transmisi manual, ini bertujuan untuk mengeringkan air yang masuk melalui lubang pembuangan kotoran kopling.

2. Keringkan komponen kelistrikan
Caranya, matikan mesin, buka kap mesin dan siapkan lap kering, mulailah keringkan semua kabel serta komponen kelistrikan yang lain.

3. Cek dipstik oli
Jika terlihat ada unsur air atau bahkan oli bercampur air pada dipstik, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel terdekat, hal ini bertujuan mencegah korsleting listrik.

4. Pastikan di kabin tak ada sisa air
Air bisa masuk sampai kabin karena lintasan yang kebanjiran jaraknya panjang dengan ketinggian air sampai lebih dari titik terendah pintu mobil untuk mengeringan, anda dapat menggunakan alat bantu berupa lap.

5. Gunakan cairan penetran
Cairan penetran bisa diandalkan, caranya semprotkan ke soket-soket kabel di kabin juga ruang mesin.

Begitulah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika mobil anda telah berhasil menerjang banjir.
Semoga Bermanfaat!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *