Mobil Habis Terjang Banjir, Bersihkan Bagian Ini!

Rasoolway.com – Seperti yang kita tahu, bahwa fungsi pemberhenti laju kendaraan, menjadi komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan. Namun, rem mobil memiliki potensi yang sangat besar untuk kemasukan air ketika mobil menerjang genangan banjir. Salah satunya ialah karena posisi bagian tersebut yang berada di mobil bagian bawah.

Dan, ketika kendaraan telah benar benar melewati genangan air banjir tersebut, maka hal yang seharusnya dilakukan ialah untuk membersihkan bagian rem tersebut. Hal ini sesuai dengan apa yang diutarakan oleh Iwan Abdurahman, selaku General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM).

“Buat mobil dengan ABS, cukup bersihkan aja, Insya Allah kembali normal,” kata Iwan, Selasa 12 Desember 2017.

Lalu, bagaimanakah langkah yang tepat dalammembersihkan bagian tersebut? pria tersebut menyampaikan bahwa salah satu cara yang dapat ditempuh untuk membersihkan bagian pengereman adalah dengan menyemprotkan air dengan tekanan yang cukup pada bagian tersebut.

Denganbegitu, maka kotoran yang nyangkut pada bagian-bagian tersebut akhirnya hanyut bersama air. Namun, yang perlu diwaspadai ialah ketika mobil terendam air dalamwaktu yang cukup lama. Jika hal tersebut terjadi, maka yang perlu dilakukan ialah membawa kendaraan tersebut ke bengkel untuk melakoni pengecekan bagian rem.

“Untuk rem, semprot air jika ingin membersihkan. Tapi jika mobil pernah terendam lama di banjir, lebih baik cek ke bagian dalam komponennya ke bengkel. Khawatir adanya karat pada bagian daleman rem, atau yang di sekitar roda,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *