Mobil Listrik Pribadi dan Angkutan Umum Tak Akan Kebingungan Dalam Mengecas Jika Infrastruktur Memadai

Rasoolway.com – Kendaraan listrik dikembangkan berbagai pihak sebagai solusi untuk menekan polusi udara yang disebabkan oleh gas buang kendaraan. Namun kedepannya jika benar kendaraan listrik mulai ngetren tentunya kendaraan tersebut selain digunakan sebagai kendaraan pribadi, kendaraan tersebut juga akan digunakan pada kendaraan umum.

Namun, jika kendaraan listri sudah lengkap beserta infrastruktur pengisiannya, maka nantinya baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum tak usah lagi kesulitan dalam mengisi baterai. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Gunadi Sindhuwinata, selaku Ketua Umum Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO) Indonesia. Ia juga menyaampaikan bahwa menurutnya angkutan umum dapat mengisi baterai di pool angkutannya.

“Dia muter setengah hari misalnya masuk ke pool, ngisi di pool, dia (sopir) pakai kendaraan lain, kan selesai,” ujarnya di Jakarta.

Sedangkan untuk kendaraan pribadi, pengisian baterai tidak akan repot asalkan infastruktur telah tersedia dan benaar-benar tersebar secara merata.

“Siapa yang bisa menyediakan (Stasiun Penyedia Listrik Umum)lebih baik dan juga mungkin murah dari segi keterbatasan, infrastrukturnya nggak perlu lagi, meteran bensin itu di ganti meteran listrik misalnya begitu, yang semacam itu,” tuturnya.

Untuk itu, pria tersebut mengharapkan pemerataan infrastruktur pengisian diperlukan sebelum memasuki tren kendaraan listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *