Mobil Listrik Smartvi Dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Dinilai Layak Diroduksi Masal

Rasoolway.com РMengenai tekad pemerintah Indonesia untuk dapat mewujudkan Green Energy Transportation, ternyata ditanggapi secara positif oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya yang mana mereka telah berhasil membuat Mobil listrik yang  mereka beri nama Smartvi. Terkait dengan mobil yang telah mengalami tahap peneitian yang memakan waktu cukup lama ini diperkirakan cukup layak untuk bisa dibuat dalam jumlah yang banyak.

“Kami siap mendukung wacana tersebut karena secara umum, mobil ini sudah dapat dikatakan layak untuk produksi massal. Untuk body dan chasisnya sendiri, kami sudah bekerja sama dengan PT Green, sementara PENS fokus pada penggerak dan kontrol ECU,” ujar Era Purwanto, ketua tim Riset PENS untuk mobil smartvi ini.

Mengenai kabar yang berhembus tentang rencana pemerintah daerah Surabaya yang mana kabarnya akan menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas, tentunya pria tersebut sangat mendukung jika kabar itu benar adanya.

Untuk saat ini, ia menyampaaikan bahwa pihaknya masih menantikan pemberian izin dari pemerintah. Sebagai informasi, bahwa pihak  PENS telah mengajukan surat permohonan izin sejak tahun 2013 kepada Kementrian Perindustrian. Sayangnya, meski saat ini telah berselang 4 tahun, belum ada respon dari pemerintah. Oleh karena itu, sampai saat ini pihaknya mengaku masih menunggu.

Terkait biaya yang telah dikeluarkan demi menjalankan riset ini, mereka menyatakan bahwa tak kurang sebesar 600 juta telah mereka kucurkan. “Namun nanti kalau sudah diproduksi massal, mobil ini bisa dijual dengan harga 80-90 juta saja, ini termasuk murah untuk ukuran mobil listrik,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *