Mobil yang Kehujanan Bisa Merusak Komponennya

Rasoolway.com – Curah hujan yang tak bisa di prediksi di Indonesia terkadang membuat memilik mobil kebingungan untuk menjaga kebersihan mobilnya. Sebagian orang ada juga yang cuek tentang kebersihan mobilnya, seperti saat basah kuyup kehujanan namun dibiarkan saja tidak di cuci.

Yang perlu anda tahu, selain akan terlihat kusam, beberapa komponen jga dapat rusak ketika mobil dibiarkan setelah basah kuyup kehujanan.

“Jangan anggap remeh kondisi mobil setelah hujan, air hujan yang mengandung asam punya pengaruh negatif pada beberapa bagian mobil,” buka Muhamad Arifin, Mekanik Shop&Drive Ciledug pekan lalu.

Bagian yang bisa rusak akibat kelalaian tersebut salah satunya adalah fungsi pengereman. Jika mobil sering kehujanan bahkan menerjang banjir, dapat dipastikan peforma dari fungsi pengereman akan menurun.

Bagian lain yang dapat rusak akibat dibiarkan setelah kehujanan adalah bagian lampu depan. Air hujan yang yang membasahi kedua lampu, saat mengering akan meninggalkan kotoran yang melekat pada lampu.

“Setelahnya, perhatikan juga ujung knalpot. Jika sering kena hujan atau melintasi genangan dan tak langsung dibilas dan dikeringkan maka akan cepat terjadi karat,” tukas Arifin yang belum lama ini meraih juara 1 kontes mekanik Shop&Drive.

Tak hanya knalpot, namun pipa penghubung knalpot menuju ke arah mesin juga ikut berkarat. Selain itu, roda yang menjadi tumpuan mobil saat akan menerjang banjir akan rentan terdapat kerikil halus yang menancap di alur ban.

Untuk menghindari semua hal itu adalah dengan mencuci mobil setelah kehujanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *