Pemerintah Indonesia Telah Siapkan Standar Baterai Motor Listrik

Rasoolway.com – Pemerintah Indonesia nampaknya saat ini terlihat sangat niat untuk turut mengembangkan motor listrik di Indonesia. Bahkan, saat ini pemerintah telah memiliki standarisasi sendiri pada komponen dari motor listrik dimana satu diantaranya adalah pada baterai.

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh I Gusti Putu Suryawirawan, dari Kementrian Perindustrian, yang mana dengan standarisasi tersebut maka baterai motor listrik yang ada di Indonesia harus aman dan nyaman. Dalam menentukan standar, nantinya akan disesuaikan dengan standar yang sudah diterapkan di negara barat.

“Kita sedang mengembangkan beberapa standar khususnya pada bagian baterai. Sebetulnya bukan standar baru tapi mengadopsi dari IEC yang ada di Eropa. Sehingga tidak perlu riset dan pengembangan lagi untuk baterai yang baik dan benar. Karena mereka lebih maju, kita tingal lakukan assessment, kita terjemahkan dalam bahasa Indonesia, kita adopsi, kemudian kita sahkan menjadi suatu standar,” ucap Putu di Jakarta.

Menambahkan hal tersebut, ia menyampaaikan bahwa baterai standar, akan memakai IEC 626601 dan IEC 626602. Sedangkan untuk standar keselamatannya akan disertifikasi sesuai dengan standar ISO 13063.

“Pemerintah memfasilitasi barang-barang yang beredar itu yang aman, jangan sampai motor listrik lewat banjir terus pengendara kesetrum siapa yang tanggung jawab, atau ditabrak ketika berkendara, bahkan sampai baterai terbakar karena tidak ada circuit breakernya,” lanjut Putu.

“Hal semacam ini yang perlu disiapkan standarnya supaya peralatan yang beredar dan dijual luas merupakan peralatan aman dan tidak mengganggu kesehatan lingkungan,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *