Perhatian, Mobil Yang Digunakan Untuk Mudik Harus Segera Di Service!

Rasoolway.com – Sudah sepantasnya, kendaraan yang telah digunakan untuk perjalanan jauh seperti mudih harus dilakukan sevice supanya tetap berada dalam peformanya. Dampak tidak dilakukannya service terhadap kendaraan yang telah berkelana melewati medan yang sangat jauh antara lain adalah terjadinya kerusakan pada bagian-bagian tertentu.

Indah, selaku kepala bengkel Auto2000 yang bertempat di Cikarang menyatakan bahwa kendaraan yang telah dijalankan dalam jarak yang jauh tersebut harus mengalami pemeriksaan pada beberapa bagian. Jika melanggar, Indah tak tanggung-tanggung menyebutkan bahwa sang pemilik kendaraan berkemungkinan untuk merogoh kocek yang lebih dalam karena harus membayar biaya perbaikan terhadap kerusakan yang terjadi pada mobil.

“Ada beberapa item yang harus diperiksa setelah melakukan mudik. Memang pemeriksaan tidak berbanding jauh dibandingkan sebelum melakukan perjalanan ke kampung halaman,” ujar Indah kepada detikOto, Senin (26/6/2017).

Pengecekan kendaraan tersebut meliputi beberapa bagian, termasuk diantaranya adalah pergantian pelumas. Khusus mobil yang digunakan untuk mudik, sudah seharusnya diganti meskipun jarak tempuhnya belum mencapai ketentuan.

“Kalau sebelum mudik melakukan pengecekan seperti pengecekan mesin, baterai, selanjutnya safety item, kalau kaki-kaki itu tergantung nyaman atau tidaknya seseorang, selanjutnya cooling system, baru mereka merasa aman melakukan perjalanan,” katanya.

“Kalau pengecekannya setelah mudik, itu hampir sama. Tetapi untuk pengendara yang melakukan perjalanan mudik yang ke Sumatera atau Jawa lebih amannya untuk melakukan pergantian pelumas. Karena kan mesin bekerja lebih keras dibandingkan hari biasanya. Selanjutnya kita sarankan untuk ganti saringan udara, rem, agar kendaraan lebih aman saat digunakan kembali,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *