Sebagai Pelumas Rantai, Mana Yang Lebih Baik Chain Lube atau Oli Bekas?

Rasoolway.com – Dalam sebuah kendaraan, rantai memiliki tugas untuk meneruskan putaran mesin melalui gir-girnya. Untuk memperawet rantai, kita perlu memberikan pelumas pada rantai tersebut supaya tidak aus.

Biasanya, orang melumasi rantai menggunakan oli bekas ataupun chain lube. Lalu, manakah yang lebih tepat digunakan untuk melumasi rantai?

Dikatakan oleh Dadan Danil, Training Service 2W, Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang lebih dianjurkan digunakan sebagai pelumas rantai adalah chain lube. Hal itu dikarenakan bahwa kandungan dalam alat itu memang didisain untuk kebutuhan rantai.

“Kalau pakai oli bekas dapat merusak rantai. Terutama rantai yang seal type. Di dalam oli bekas sendiri banyak gram besi dari gesekan dengan mesin, dan kadar pelumasannya juga sudah tidak baik,” katanya.

Tak sembarang chain lube, yang dianjurkan adalah yang memiliki kualitas yang bagus. Hal itu dikarenakan karena tak semua chain lube baik untuk digunakan pada rantai.

“Untuk itu kita (Suzuki) sudah punya chain lube sendiri,” katanya. “Memang iya chain lube murah kualitasnya kurang bagus. Waktu motor dicuci rantai kering lagi. Jadi musti sering makainya,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *