Sebagian Besar Produksi Pabrik Daihatsu Adalah Mobil Toyota

Rasoolway.com – Seperti yang kita tahu, bahwa saat ini Daihatsu telah dimiliki oleh pihak Toyota. Hal ini membuat beberapa pabri milik Daihatsu ternyata juga membuat produk bermerek Toyota. Bahkan sampai saat ini telah banyak produk dari Toyota yang dibuat di pabrik milik Daihatsu.

Terkait dengan hal ini, Sudirman Maman Rusdi, selaku Wapres Direktur ADM menyampaikan bahwa kapasitas produksi dari pabrik mereka sampai saat ini berada di angka lebih dari 90%.

“Kapasitas terpasang dua shift tanpa overtime itu 530 ribu unit mobil per tahun. Tahun lalu, kami produksi 506 ribu unit. Tahun ini, Gaikindo memprediksi 1,075 atau 1,1 juta (unit kendaraan dijual),” kata Sudirman di Jakarta.

Dalam satu tahun, pabrik dari Daihatsu Indonesia dapat memproduksi kendaraan mencapai 506 ribu unit. Jumlah tersebut ternyata tidak semua akan diberi merek Daihatsu, namun sebagian diantara produk tersebut akan digolongkan sebagai produk Toyota. Uniknya, dari jumlah produksi dari pabrik Daihatsu tersebut, prosentase mobil yang dibuat untuk Toyota lebih banyak dibandingkan dengan Daihatsu sendiri.

“Tahun lalu kan kami produksi 506 ribu untuk Daihatsu dan Toyota di pabrik ADM. Tahun ini juga mungkin sekitar 510-520 ribu unit lah, kita lihat pasarnya. Merek Toyota itu sekitar 60 sampai 65 persen, sisanya Daihatsu,” kata dia.

Beberapa Produk Toyota yang sampai saat ini telah diproduksi di pabrik Daihatsu antara lain adalah mobil-mobil kembar mereka, yakni Avanza, Agya, Calya, dan Rush.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *