Seberapa Mahal Biaya Pergantian Baterai Motor Listrik?

Rasoolway.com – Dapat disimpulkan, bahwa perawatan yang dilakukan pada sebuah sepeda motor listrik memang lebih simperl jika dibandingkan dengan sepeda motor konvensional. Hal ini dikarenakan, pada sebuah sepeda motor listrik yang perlu dilakukan hanyalah melakukan pergantian baterai.

Terkait dengan hal ini, sebenarnya berapa biaya yang diperlukan untuk melakukan pergantian baterai? apakah mahal?

Disampaikan oleh Bussines Dev. Manager PT Robert Bosch, Hari Budianto menyampaikan bahwa pergantian baterai pada sepeda motor listrik memerlukan biaya sebesar Rp 5-6 juta. Namun, yang perlu diketahui bahwa pergantian tersebut hanya dilakukan dalam setiap satu kali dalam 4 tahun.

“Pergantian baterai ion lithium itu antara Rp 5 juta sampai Rp 6 juta. Memang cukup mahal tapi ke sananya lebih murah karena cycle (daya tahan) nya cukup tinggi dibanding baterai lead acid,” ungkap Hari.

“Baterai selain ion lithium itu umurnya hanya 250 cycle. Nah kalau baterai ion lithium 800 sampai 1000 cycle pengisian batas pakainya. Jadi perkiraan 4 sampai 5 tahun sedangkan baterai lead acid paling setahun,” lanjutnya.

Atas dasar ini lah yang membuat kendaraan tersebut diberitakan murah dalam biaya perawatan. Terlebih, karakter pengguna sepeda motor biasanya akan menggunakan kendaran sepeda motor hanya selama 4 tahun. Selebihnya, maka mereka lebih memilih untuk mengganti kendaraan tersebut.

“Maintenance less ini (sepeda motor listrik yang gunakan Lithium ion seperti pada Viar Q1). Lagipula kan orang pakai motor paling empat tahun ganti. Pas kan?” ungkap Hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *