Semir Ban Ternyata Perpanjang Usia Ban!

Rasoolway.com – Terkadang, saat kita mencuci kendaraan sendiri, akan timbul rasa kepuasan yang berbeda dibandingkan jika kita menggunakan jasa pencucian. Saat mencuci kendaraan kita sendiri, kita bisa sesuka hati menambahkan layanan tambahan kepada kendaraan anda. Sebagai contoh adalah pemberian semir ban supaya ban akan lebih terlihaat kinclong.

Proving Ground Manager PT Bridgestone Tire Indonesia, yakni Zulpata Zaenal menyampaikaan bahwa memberi semir pada ban dapat membuat ban menjadi lebih awet lho…

“Sangat perlu dikasih ‘semir ban’ biar mengkilap serta menghindari kerusakan ozone cracking, atau retak-retak halus pada dinding ban. Kerusakan ini akibat proses alami, dinding ban kena panas terus hujan, kadang udara panas, kadang lembab,” ungkapnya

Untuk jenis semir yang digunakan, menurutnya semir merek apa saja tidak ada bedanya asalkan ia mengandung silikon. “Prinsip kerjanya sama, untuk mengkilapkan dan menutupi pori-pori yang terbuka,” tambahnya.

Tetapi, yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya bagian yang dikenai semir adalah hanya dinding bannya saja. Sedangkan jika permukaan ban ikut disemir, nantinya bagian tersebut dapat menjadi licin jadi tentunya akan berbahaya.

“Yang dikasih semir ban atau silicone cair hanya lapisan dinding luar dan dalam, permukaan ban tidak perlu,” pungkas Zulpata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *