Sepeda Motor Kebanjiran dan Mogok, Perhatikan Hal Ini!

Rasoolway.com – Seperti yang kita tahu, bahwa banjir terkadang menjadi musuh utama bagi pengendara sepeda motor serta motornya, Hal ini dikarenakan, bahwa datangnya banjir berpeluang membuat kendaraan sepeda motor menjadi mogok.

Lalu, jika kendaraan sepedamotor kita terlanjur mogok karena terendam banjir, sebaiknya apa yang seharusnya kita lakukan?

Menanggapi hal ini, Rangga Noviar selaku Technical Service Analyst Astra Motor Jakarta menyampaikan bahwa yang pertama kali harus kita lakukan adalah supaya tetap berada dalah kondisi yang tenang dan tidak panik.

Jika sudah mengintrol diri anda, selanjutnya jangan terburu-buru untuk menyalakan kendaraan karena justru hal itu dapat memerparah kondisi.

“Tindakan pertama sih tidak langsung menghidupkan mesin ya. Harus dicek dulu, air sudah masuk ke dalam mesin apa belum. Jangan sampai air tercampur dengan oli,” kata Rangga.

Karena itu, pria tersebut sangat menganjurkan para pemilik kendaraan untuk terus membawa kendaaan yang terkena banjir tersebut ke bengkel resmi. Hal ini dipergunakan untuk mengecek apakah ada air yang masuk kemesin atau bahkan bercampur dengan oli atau tidak.

“Lalu timbul karat, merusak komponen yang bergerak dalam mesin. Justru itu harus buru-buru dibawa ke bengkel resmi, langsung diperiksa apakah air sudah masuk mesin atau tidak,” ditambahkan Rangga.

Baginya, meski kendaraan sepeda motor telah terendam banjir, asal pengendara tidak menyalakan kendaraan tersebut hingga ke bengkel, kendaraan tersebut masih akan aman.

“Motor yang terendam banjir belum tentu komponennya langsung rusak. Asal jangan langsung dipakai (dihidupkan), kalau pun dia terpaksa dihidupkan jangan sampai telat dibawa ke bengkel resmi,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *