Sepedamotor, Yang Benar Di Standar Samping Atau Tengah?

Rasoolway.com – Setiap sepeda motor memiliki dua macam standard, yakni standard samping dan standar tengah. Banyak orang khususnya kaum hawa yang lebih memilih menyetandar kendaraannya dengan standar samping karena lebih mudah dibandingkan menyetandar tengah yang cukup memerlukan tenaga. Padahal, kebiasaan tersebut salah guys…. Sepedamotor yang terlalu sering di standar samping dalam waktu yang lama, keseimmbangannya dapat terganggu.

“Jadi kalau misalnya motor mau diparkir lebih dari 3 jam sebaiknya standar tengah. Ada pengaruhnya karena kan kalau motor standarnya samping dia miring ke kiri terus, ini akan mempengaruhi si shock breaker itu,” pungkas instruktur safety riding Queenrider, Citra Ayu Lestari, Jumat (19/5/2017).

“Efek ke motornya jadi gak seimbang dia miring ke kiri mulu, jadi si kerangka kan menahan beban ke kiri terus lama kelamaan ini akan berpengaruh. Misalnya kita pulang kerja, baru berkendara besok lagi itu sebaiknya standar tengah,” tuturnya.

Namun, itu untuk motor biasa ya guys kayak motor matic ataaupun motor bebek, Berbeda lagi kalo motor gedde yang cc-nya 250<. Motor yang memiliki kapasitas sseperti itu memang darisananya telah dibuat untuk distandar samping. Kan berat banget ya, jalo di standar tengah… Jadi walaupun di standar samping, kesetabilannya tidak akan terganggu.

“Motor besar yang nggak ada standar tengah paling pakai paddock kan kayak yang 250cc, itu memang sudah didesain sedemikian rupa sama pabrikannya kalau standar samping dia nggak begitu bermasalah. Beda ya karena rangkanya motor murah sama motor mahal,” lanjut Citra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *