Tak Sedikit Pekerja Perempuan Di Pabrik Sokonindo

Rasoolway.com – Airlangga Hartarto, selaku Menperind RI sempat melakukan kunjungan terhadap pabrik dari salah satu peusahaan asal China yang akan melakukan debutnya di pasar otomotif Indonesia, yakni PT. Sokonindo Automobile.

Dalam kunjungannya tersebut, bapak Menteri menyempatkan diri untuk sedikit berbincang bincang dengan para pekerja yang mana mayoritas dari mereka adalah lulusan SMK Teknik. Dan uniknya diantara pekerja tersebut menurutnya tak sedikit yang merupakan seorang perempuan.

“Menariknya di lini perakitan, ada sejumlah pekerja perempuan. Ini sesuatu hal yang berbeda, yang ditampilkan Sokonindo dan patut diapresiasi,” paparnya.

Menambahkan tentang hal tersebut, Harjanto, selaku Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) mengatakan bahwa salah satu industri yang paling banyak menyerap tenaga kerja Indonesia sampai saat ini adalah Industri otomotif.

“Selain itu, rantai industri otomotif dari hulu ke hilir juga melibatkan banyak sektor industri lain,” ungkapnya. Dengan kenyataan tersebut, mengartikan bahwa industri otomotif sangat berpengaruh terhadap perkembangan dari industri lain yang menjadi pendukungnya.

Di kawasan Asia tenggara sendiri kabarnya Indonesia kita menjadi salah satu negara yang memegang peran penting dalam bidang Industri otomotif.

“Indonesia adalah negara produsen otomotif terbesar kedua setelah Thailand. Tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri, saat ini Indonesia juga terus digenjot untuk menjadi basis produksi global. Peluang investasi yang cerah mendukung perwujudan sasaran tersebut,” kata Harjanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *