Tidak Menyalakan Lampu Sein Saat Belok Bisa di Penjara?

Rasoolway.com – Fungsi dari lampu sein adalah sebagai penanda kepada pengendara lainnya bahwa kita akan belok, namun sayangnya tidak sedikit pengendara yang mengabaikan fungsi ini. Mereka kerap kali lalai menyalakan lampu sein ketika akan belok.

AKBP Budiyanto, selaku Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya menyampaaikan bahwa dalam melakukan operasi Zebra, dirinya kerap menemui pelanggaran yang berkaitan dengan lampu sein.

“Kalau untuk kendaraan mobil dan kendaraan khusus, sebanyak 410 pengendara mobil yang melakukan jenis pelanggaran membelok atau berbalik arah tidak memberi isyarat,” kata Budiyanto.

Menurutnya, kendaraan bermotor, baik itu rodadua maupun roda empat yang tidak menyalakan sein ketika akan belok akan ia beri sanksi. Aturan tersebut sesuai dengan yang tertuang dalam Pasal 294 UU tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dalam peraturannya, pelanggar yang lalai dalam menggunakan lampu sein ketika berbelok dapat dikenai sanksi hukuman penjara paling lama satu bulan atau membayar denda paling banyak Rp250ribu.

“Jenis pelanggaran ini pada operasi zebra tahun lalu meningkat pada kendaraan mobil dan khusus. Tahun lalu sebanyak 32 pelanggar, tahun ini 410. Pada motor juga tahun ini sebanyak 598, tahun lalu 395 pelanggar,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *