Tips Mengendarai Big Bike, Perhatikan Tinggi Badan

Rasoolway.com – Karena memiliki bentuk yang lebih besar serta kemampuan pacunya yang lebih besar dari pada kendaraan lainnya, maka mengendarai Big Bike tidak boleh sembarangan. Tetapi, sebenarnya cara untuk mengendarai kendaraan ini tidak jauh berbeda dengan mengendarai motor biasa.

Juara pertama Honda Safety Riding Instructur Competition 2017, Reza Novendri, memberikan saran untuk mengendarai kendaraan ini. Reza yang merupakan dariĀ  PT CDN-Aceh menjadi juara dalam kategoriĀ  big bike menyampaikan kalau postur tubuh yang tinggi menjadi kunci utama mengendarai kendaraan tersebut. Dalam hal ini, posisi kaki pengendara diharuskan untuk bisa menapak ketanah.

“Kaki masih bisa sampai lah. Kaki harus napak walaupun agak jinjit sedikit. Memang ini perlu sedikit penyesuaian,” ujarnya di Surabaya, beberapa hari lalu.

Seperti pada saat mengendarai sepeda motor yang biasa, posisi jinjit ini diperlukan pada saat kita akan berhenti. Sebagai contoh adalah saat berada di lampu merah. Posisi kaki yang menapak sangat penting supaya bisa menjaga keseimbangan. Selain itu setiap orang yang baru mengendarai kendaraan yang tergolong Big Bike, pasti perlu penyesuaian.

“Tapi kalau sudah adaptasi mudah. Di Jepang waktu saya lomba di sana, orangnya tidak terlampau tinggi tapi bawa big bike-nya lincah,” aku Reza.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *