Tips Saat Membeli Sepeda Motor Second

Rasoolway.com – Kali ini, ada sejumlah tips bagi mereka yang ingin membeli sepeda motor bekas, seperti disampaikan Jimmy, pemilik gerai motor bekas CV Motor88, rekanan dealer Adira Used Motorcycles.

1. Hati-hati jika anda tidak paham mesin.

Para penjual kebanyakan akan memasang kata-kata manis untuk barang dagangannya. Terkadang, kecacadan yang ada pada motor tersebut tidak akan di beritahukan pada calon pembelinya.

“Ya banyaklah omong-omongan yang disalurkan ke konsumen supaya mereka tertarik, satu-dua bulan datang ke toko, saat ditanya soal garansi, bilangnya oh gampang deh,” ujar Jimmy.

Sala satu cara untuk antisipasi itu adalah dengan meminta garansi.

2. Denda jika terlambat bayar

Sebagai calon pembeli, kita diwajibkan untuk bertanya secara detail tentang masalah pembayaran, termasuk denda jika terlambat bayar. Begitu pula denda, kita harus mempertanyakan spesifik apakah denda dijatuhkan per hari atau per bulan.

3. Kepastian Biaya DP

Hati-hati dengan uang muka atau yang biasa kita sebut dengan DP yang tertulis pada brosur. Terkadang harga yang tertulis pada brosur tak semua benar, sebagian ada yang masih ditambah lagi dengan biaya-biaya lainnya.

4. Debt collector

Hati-hati tiap kalian akan membeli motor secound, pastikan kapan sepeda motor akan diambil paksa oleh Debt Colector jika lalai bayar angsuran.

“Kalau kolektor mau ambil motor, kurun waktunya berapa lama sih? Selaku nasabah kita wajib menerima informasi itu. Penjual juga wajib menerangkan informasi itu kepada nasabah. Jangan cuma punya uang Rp 500.000, ambil kredit, kita tidak mampu nerusin, didatengin kolektor, berantem gara-gara motor ditarik,” kata Jimmy.

Begitulah sekiranya tips yang bisa digunakan ketika anda akan membeli motor bekas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *