Toyota Khawatir Penjualan Voxy Seperti NAV1

Rasoolway.com – Di Indonesia, Toyota-Astra Motor (TAM) dulu sempat menjual MPV NAV1. Sayangnya sepak terjang penjualan prodduk tersebut sangat buruk. hal itu lah yang membuat pihak Toyota akhirnya memutuskan menghentikan peredarannya di Indonesia. menurut kabar yang berhembus, akan ada mobil sejenisĀ  MPV NAV1 yang akan di pasarkan di Indonesia. Ia adalah Voxy.

“Nah kalau ditanya apakah Voxy dimasukkan ke Indonesia atau tidak, kita pikir-pikir juga. Karena kalau kita masukkan, terus nasibnya kayak NAV1 kan enggak bagus. Makanya kita selalu jawabnya masih under study apakah kita masukkan atau tidak,” kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto

Bagi pria tersebut, bukan hal yang sulit untuk mengimpor kendaraan yang telah melaalui penyegaran di Jepang tersebut. Namun ia menghawatirkan penjualannya akan sama dengan pendahulunya.

“Lebih mudah sebenarnya CBU untuk importasi. Mau masukinnya sebenarnya gampang ke Indonesia. Tapi ada enggak marketnya. Jadi masalah waktunya untuk CBU itu bisa lebih fleksibel dibandingkan CKD. Kalau CKD itu mungkin perlu investasi, studinya lebih lama, local parts-nya gimana. Kalau ini kan utuh, tinggal proses importasi saja dan bagaimana penerimaan market. Tapi jangan sampai kayak NAV1,” ujar Suryo.

NAV1 sendiri di Indonesia ddipasarkan terakhir pada tahun lalu, dan penjualannya tak bergairah sama sekali yakni 40-50 unit per bulan.

“NAV1 itu makin turun. Kita lihat karena ini local production, pabrikan juga enggak bisa menanggung biaya produksinya, karena customer-nya belum menerima produk seperti itu,” ucap Suryo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *