Uji Kir Kini Bisa di Bengkel APM

Rasoolway.com – Uji KIR, atau pengujian terhadap kendaraan bermotor, merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Namun, tahukah anda bahwa saat ini, pengujian tersebut juga bisa dilakukan di benkel APM. Di Indonesia, sebanyak 110 benkel APM telah berkompeten untuk menangani uji KIR.

Jongkie D. Sugiarto Selaku ketua Gaikindo menyatakan bahwa ternyata ada keuntungan juga jika melakukan uji KIR di benkel APM. Keuntungan tersebut adalah selain melakukan uji KIR, pelanggan juga ddapat melakukan pergantian suku cadang di tempat yang sama.

“Jadi kalau ada sesuatu yang enggak beres, bengkel bisa juga menanyakan ke pemilik untuk penggantian suku cadang. Misalnya kampas rem udah habis, bengkel nanya mau diganti enggak. Kalau di balai uji kan misalnya rem enggak bagus, harus dibetulin dulu, nanti balik lagi ke balai uji,” kata Jongkie kepada detikOto, Selasa (23/5/2017).

Tujuan dari ter KIR adalah supaya memastikan bahwa kendaraan layak jalan

“Rem dalam keadaan baik, lampu baik, semuanya dalam keadaan baik. Justru untuk itu lah kita kerahkan bengkel-bengkel APM tadi,” ujar Jongkie.

Tentunya, yang lebih penting dengan adanya pengujian KIR di benkel APM, membuat orang tak perlu bersusah payah menuju balai pemerintahan untuk melakukan pengujian tersebut.

“Pemilik kendaraan jadi lebih efisien. Daripada sekarang daftar dulu di balai uji, mungkin 2 minggu lagi baru dapat giliran pengujian. Karena kan kurang, jumlahnya tidak sepadan dengan jumlah mobil yang harus diuji. Apalagi nantinya pemerintah memikirkan KIR untuk kendaraan pribadi. Kalau itu sudah diberlakukan, jutaan mobil harus dilayani,” kata Jongkie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *