Wanita Hebat Ini Merupakan Kepala Sebuah Bengkel Di Indonesia

Rasoolway.com – Secara umum, tugas yang dipikul oleh seorang kepala bengkel memanglah tidak mudah. Selain bertugas mengatur manajemen bengkel dengan segala aspek teknisnya, seorang pimpinan bengkel juga pastinya harus mampu menangani tiap permasalahan yang berkaitan dengan konsumen.

Seorang wanita yang tangguh, mungkin sebutan itu pantas untuk Indah Yuliana, kepala bengkel Auto 2000 cabang Cikarang. Mengatasi komplain ataupun keluhan konsumen pastinya sudah tidak asing lagi bagi ia. Ia mengaku telah memiliki cara sendiri untuk mengatasi pelanggan yang sedang emosi.

“Kemarahan itu kan kita nggak bisa counter, jadi kita kasih waktu dia (customer) untuk mencurahkan masalahnya. Awalnya juga kita minta maaf dulu. Lalu kalau saya sih punya satu kata pamungkas yaitu ‘mari kita cari solusi sama-sama’. Karena kalau orang sudah complain dan kita menyampaikan solusi, orang akan cooling down, karena ya dia butuh solusi dari kita, dan sebisa mungkin harus win-win,” jelas Indah.

Ia juga menganggap, suatu keuntungan wanita adalah lebih pandai dalam betutur kata sehingga dapat berkomunikasi yang lebih baik dalam menangani konsumen.

“Kadang ada sisi, yang namanya cewek itu lebih luwes. Itu kekuatan seorang perempuan dalam menghandle. Minimal pola komunikasi kita lebih luwes,” katanya.

Menurut indah, rata-rata pelanggan atau konsumen yang melayangkan protes dikarenakan adanya kesalah pahaman antara pihaknya dengan pihak konsumen.

“Penyebabnya bisa mengenai pekerjaan kita, misal ada hasil pekerjaan yang menurut mereka tidak tuntas, atau bisa juga faktor ekspektasi, atau masalah komunikasi. Misal kalau complain yang datang drivernya, yang available dihubungi misal istrinya, sementara yang menentukan keputusan, si bapak belum tahu, jadi menimbulkan salah paham,” ujar Indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *